28 Dec 2012

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara

Berikut beberapa pertanyaan yang biasa diajukan saat wawancara dan uraian jawaban yang sebaiknya kita berikan.

1. Mengapa Anda melamar pekerjaan ini?
Hindari jawaban yang menyatakan bahwa saat ini kita sedang menganggur atau sedang mencari pengalaman baru. Sebaiknya kita menjawab dengan menjelaskan minat dan keahlian yang kita miliki terkait dengan pekerjaan yang kita lamar. Kita juga harus menyatakan bahwa kita memiliki semangat tinggi dan memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut.

2. Berikan alasan mengapa kami harus merekrut anda bekerja di perusahaan ini. Jelaskan pula cara anda meningkatkan prestasi perusahaan ini?
Sebenarnya pertanyaan ini memberikan kesempatan kepada kita untuk menjelaskan lebih banyak mengenai diri kita dan membuktikan kemampuan, pengalaman kerja, serta keahian kita yang berkaitan dengan pekerjaan yang kita lamar. Penjelasan ini harus bisa meyakinkan pewawancara bahwa pengalaman dan kemampuan kita sesuai dengan pekerjaan yang kita lamar tersebut.

3. Dalam iklan lowongan pekerjaan dari perusahaan kami, kami menyatakan membutuhkan calon-calon pekerja yang memiliki pengalaman minimum tiga tahun. Namun, dalam CV anda kami tidak mendapati pengalaman bekerja itu?
Pada saat itu kita memang belum memiliki pengalaman bekerja karena kita baru saja lulus kuliah atau ada sebab-sebab lainnya. Untuk dapat keluar dari pertanyaan yang menyudutkan tersebut, kita harus bisa meyakinkan pewawancara dengan menjelaskan bahwa meskipun belum memiliki pengalaman kerja yang sesuai dengan pekerjaan tersebut, kita memiliki banyak keterampilan dan keahlian, serta mampu menguasai pengetahuan baru dengan cepat.

4. Rekan kerja seperti apa yang anda rasa paling sesuai dengan cara kerja anda?
Jawaban pertanyaan ini sebenarnya untuk memberikan gambaran mengenai sifat kita yang sebenarnya. Kita harus bisa menjelaskannya dengan jawaban-jawaban yang baik, seperti rajin, bertanggung jawab, mau membantu, sabar, selalu berusaha memberikan yang terbaik, teliti, bijaksana, rapi dan sebagainya.

5. Jelaskan alasan anda melamar pekerjaan di perusahaan ini?
Pertanyaan ini sebaiknya kita jawab bahwa kita sudah mencari informasi terkait dengan perusahaan dan pekerjaan yang kita lamar, serta menyatakan minat dan ketertarikan kita terhadap pekerjaan tersebut. Pihak perusahaan pasti lebih tertarik terhadap pelamar kerja yang mengetahui informasi mengenai perusahaan tersebut dan memiliki minat terhadapnya.

6. Berapa jumlah gaji yang menurut anda pantas anda terima?
Pertanyaan tersebut diajukan karena biasanya perusahaan perlu menyiapkan dan menyesuaikan dengan anggaran terkait dengan penggajian karyawan. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus mencari informasi mengenai perusahaan, serta melakukan penelitian singkat mengenai pekerjaan yang kita lamar dan gaji yang biasa diberikan untuk jenis pekerjaan tersebut. Gaji juga perlu kita sesuaikan dengan gaji yang pernah kita terima di perusahaan sebelumnya dan dengan biaya yang kita keluarkan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

7. Apa pertanyaan yang ingin anda ajukan terkait dengan perusahaan atau pekerjaan ini?
Sebaiknya kita tidak bertanya terhadap pertanyaan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kita bisa menanyakan kepada pewawancara mengenai tanggung jawab dari pekerjaan yang dilamar dan rencana-rencana perusahaan menyangkut pekerjaan yang dilamar. Jika kita tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menarik, hal ini bisa bermakna negatif untuk kita. Karena itu, sebaiknya kita tidak melepas peluang ini untuk menampilkan kelebihan dan nilai positif kita.

No comments:

Post a Comment